RUANG LINGKUP EKONOMI

A. Arti Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas

B. Ruang Lingkup Ekonomi

1. Macam – Macam kebutuhan

Manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.Di bawah ini akan diberikan jenis, macam aneka ragam definisi atau pengertian dari tiap-tiap kebutuhan manusia :

+ Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas

Ø Kebutukan Primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dsb.

Ø Kebutuhan Sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi.

Ø Kebutuhan Tersier / Lux / Mewah adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil dan computer.

+ Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifata

· Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang. Contohnya seperti makanan, minuman, dan seks.

· Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan. Contohnya seperti mendengarkan musik, siraman rohani, dan beribadah kepada Tuhan YME.

+ Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktunya.

§ Kebutuhan Sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak. Contoh adalah kebelet pipis, dan makan karena sangat lapar.

§ Kebutuhan Masa Depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang. Contoh yaitu pergi haji, dan pendidikan tinggi

+ Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subyek / Penggunaanya.

§ Kebutuhan Individual adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi. Contohnya adalah sikat gigi, menuntut ilmu,dan sholat lima waktu.

§ Kebutuhan Sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat. Contohnya adalah jalan umum, penerangan tempat umum.

1. Macam – Macam Barang

Benda adalah alat/sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung yang bersifat konkret, sedangkan jasa adalah alat/sarana pemuas kebutuhan manusia yang bersifat abstrak. Barang atau benda dibedakan menjadi empat macam:

a. Berdasarkan Cara Memperolehnya.

§ Barang ekonomi adalah barang yang jumlahnya terbatas dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contoh: makanan, pakaian, dan air.

o Barang ekonomi berwujud yang disebut benda. Contoh: makanan, mobil,dan rumah.

o Barang ekonomi tak berwujud yang disebut jasa. Contoh: jasa guru,dokter, montir mobil, dan hiburan.

§ Barang bebas adalah barang yang jumlahnya cukup banyak dan melebihikebutuhan manusia. Contoh: air laut, sinar matahari, dan udara.

§ Barang illith adalah barang yang jumlahnya berlebihan sehingga menimbulkan bencana/kerugian. Contoh: banjir, kebakaran, dan topan.

b. Berdasarkan Kegunaannya.

§ Barang subsitusi adalah barang pengganti, artinya barang yang fungsinya menggantikan barang lain. Contoh : kayu bakar pengganti minyak tanah, jagung pengganti ketela pohon.

§ Barang komplementer adalah barang pelengkap, artinya barang yang fungsinya untuk melengkapi barang lain. Contoh : bensin dengan sepeda motor, gula dengan kopi

c. Berdasarkan Jaminannya.

§ Barang tetap/tidak bergerak adalah barang yang dapat digunakan untuk jaminan kredit jangka panjang. Contoh: tanah, rumah, dan gedung.

§ Barang bergerak adalah barang yang dapat digunakan untuk jaminan kredit jangka pendek.. Contoh: perhiasan, TV, dan sepeda motor.

d. Berdasarkan Proses Produksinya.

§ Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses produksi. Contoh : kapas, kayu, getah, dan karet.

§ Barang setengah jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi,tetapi belum memenuhi kebutuhan manusia secara sempurna. Contoh: kapas menjadi benang, kayu menjadi papan.

§ Barang jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi dan dapatmemenuhi kebutuhan manusia secara sempurna. Contoh : kain, perabot rumah tangga.

Sumber : Wikipedia.com, dan Scribd.com

Postingan Populer