Great Manchester

Pengertian Great Manchester (Manchester Raya) adalah beberapa kota wilayah yang letak geografis daerahnya di bawah naungan nama Manchester. Dihalaman ini di jelaskan bagaimana mulainya nama Manchester lahir dan nama daerah yang dulunya sangat di hargai di depan mata para bangsawan-bangsawan kaya juga sukses, dan sekarang telah menjadi Kota Raya di Inggris yang paling maju ekonominya dan juga sangat terkenal kemajuannya di kalangan para negara Eropa tetangga maupun di mata seluruh dunia.

Kota Manchester, kota Bolton, kota Bury, kota Oldham, kota Rochdale, kota Salford, kota Stockport, kota Tameside, kota Trafford dan kota Wigan. Pembagian terhadap wilayah geografis daerah terkadang menimbulkan kebingungan yang besar. Di United Kingdom (UK), dari negara Inggrisnya sendiri banyak yang memanggil julukan wilayah Manchester adalah “The North West of England (wilayah perbatasan yang lebih luas dari Utara-Barat Inggris), dan panggilan untuk wilayah geografisnya adalah “Lanchashire” atau “Great Manchester” (pengertiannya adalah Manchester Raya). Sekarang ini pembagian wilayah kota daerah dibawahnya telah hadir 10 kota daerah yang mana membentuk Manchester itu sendiri sebagai wilayah Metropolitan Greater County Manchester.

Karakteristik dari Manchester sebagai kota metropolitan sangat unik ini, yaitu kota yang berkawasan di Utara Barat Inggris, dan adalah kota yang pertama dan terutama yang menandai batas dengan  jelas dimana mulai batas dan akhir kota Stockport, kota Salford, kota Oldham, atau mulai batas dari 10 kota wilayah metropolitan lainnya.
Manchester juga merupakan salah satu kota wilayah metropolitan yang sangat mencolok dari seluruh Manchester Raya, yang namanya ditemukan dan diresmikan pada tahun 1974 dan di anugrahkan titel sebagai wilayah administratif kesatuan. Pada waktu itu 2 kota yang diikrarkan sebagai kota metropolitan utama, yaitu (Manchester dan Salford) yang mulanya telah tercipta sendiri atas keberadaanya, dan enam kota lainnya adalah yaitu Bury, Bolton, Oldham, Stockport, Rochdale  dan Wigan (yang mulannya sebagai wilayah kota daerah), lalu menyusul 2 kawasan kota baru yang diciptakan, yaitu Tameside dan Trafford. Kedua kota terakhir yang telah berdiri ini (Tameside & Salford) entah kenapa ada sedikit keanehan ketika nama daerahnya diikrarkan, ini dikarenakan jika dilihat di peta Manchester daerah Tameside dan Salford tidak tercantum sebagai wilayah geografis di bawah naungan Manchester.
Jadi, titel judul dari “Greater Manchester” atau Manchester Raya adalah titel wilayah kesatuan yang tata wilayah kesatuan manajemennya di atur berdasarkan data kewilayahan, dalam tujuan untuk administratif praktis, dan walaupun terdiri dari 10 kawasan kota metropolitan dan diantaranya memiliki konfederasi yang nyata – Great Manchester administratif tetap bertindak sebagai satu tubuh kesatuan yang di hargai dari segala arah.
 Sumber : http://uniknyamanchesterindonesia.com
wikipedia.com

Postingan Populer