TUGAS ISD

Kebudayaan Hindu,Budha dan Islam

1. Kebudayaan Hindu dan Budha
Agama Hindu masuk ke indonesia di perkirakan pada awal tarikh Masehi,sekitar abad ke-3 dan ke-4, yang dibawa oleh para musafir dari India, di antaranya Maha Resi Agastya.dan diikuti oleh masuknya agama Budha yang dibawa oleh para musafir dari Tiongkok diantaranya Musafir Budha Pahyien.
Kedua agama ini diterima dengan luwes oleh masyarakat sekitar.Pada abad ke-4 di Jawa Barat terdapat kerajaan yang bercorak Hindu-Budha yaitu Kerajaan Tarumanegara,sedangkan di daerah Sumatra terdapat Kerajaan Sriwijaya yang juga bercorak Hindu-Budha.
Berkembangnya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia dapat dilihat dari sejarah kerajaan-kerajaan dan peninggalan-peninggalan yang ada pada masa itu, diantaranya adalah Prasasti, Candi (Borobudur,Prambanan,Mendut,Panataran,dll) Seni ukir, Patung Dewa dan masih banyak lagi peninggalan kebudayaan Hindu-Budha yang dapat kita lihat sampai sekarang.

2. Kebudayaan Islam
Agama dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke-7 M yang dibawa oleh para pedagang Arab,Persia dan Gujarat dan berkembang pesat sekitar abad ke-13.Agama dan kebudayaan Islam yang mengajarkan tentang Kedamaian tanpa mengenal strata berkembang pesat di Indonesia.Pola penyebaran yang berawal dari masyarakat yang tinggal dipesisir pantai, kemudian dilanjutkan kepada masyarakat yang ada di pedalaman yang dibawa oleh para ulama pada waktu dirasa sangat tepat untuk iklim masyarakat pada waktu itu.Di daerah Jawa,Wali Songo mempunyai peran yang penting dalam menyebarkan Agama Islam kepada masyarakat.Demikian pula di daerah Sumatra,Kalimantan,Sulawesi, Islam berkembang dengan pesatnya sehingga bermuncuylan kerajaan-kerajaan Islam seperti Samudra Pasai,Demak, Banten,Gowa,Banjar dan masih banyak lagi.
Dengan pola penyebaran yang welas asih,Islam dapat diterima sebagai agama yang baru pada waktu itu dan berkembang pesat di Indonesia smapai sekarang dan menjadi agama mayoritas penduduk Indonesia.

3.Kebudayaan Barat


Kebudayaan Barat masuk ke Indonesia bersamaan dengan zaman Kolonial atau zaman penjajahan di Indonesia.Masuknya kebudayaan barat,mau tidak mau mempengaruhi kebudayaan Indonesia yang sebelumnya sudah di pengaruhi oleh Kebudayaan Hindu-Budha dan Islam. Hal-hal yang dipengaruhi oleh kebudayaan barat adalah:
1. Masyarakat Mulai mengenal strata sosial antara kelas atas dan kelas bawah,sehingga mengakibatkan
kesenjangan sosial yangterlihat jelas sekali.
2. Munculnya sekolah-sekolah yang mengajarkan kultur dan gaya hidup bangsa Eropa.
3. Bangunan-bangunan baru mulai muncul dengan gaya arsitektur barat.
4. Dengan masuknya kebudayaan barat di Indonesia, maka masuk juga agama baru bangsa Eropa,yaitu
Katolik. Penyebaran agama Katolik ini dilakukan oleh pendeta-pendeta yang datang dari Eropa, dengan
wilayah penyebaran daerah ujung timur Indonesia seperti Ambon dan Irian Jaya.

Keberagaman yang ada di Indonesia hendaknya dapat disikapi dengan arif dan bijaksana oleh seluruh lapisan masyarakat, itulah makna dari Bhinneka Tunggal Ika.

Postingan Populer